Orang Khilaf

Senin, 19 Agustus 2013

My Dream Note


Dulu, Murabbi (tutor) gue pernah ngasih materi tentang suatu impian. Beliau pernah cerita berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Amerika Serikat. Mereka melakukan penelitian tentang 3 macam orang yang mempunyai cita-cita atau impian.

Orang jenis pertama mempunyai impian yang tinggi, tapi mimpinya itu hanya sebatas angan-angan semata (TIDAK TERLALU DIKEJAR) dan TANPA DITULIS disuatu media. Fakta mengatakan 10 atau 20 tahun kemudian, masa depan orang-orang yang termasuk jenis pertama ini, hidupnya biasa-biasa saja. Ada yang tercapai dan ada yang  pasang surut. Bahkan pendapatan orang yang jenis pertama ini biasa-biasa saja.

Orang jenis kedua adalah mereka-mereka yang mempunyai mimpi tinggi, tapi mereka SELALU MENGINGATNYA dalam pikiran mereka agar mereka dapat mencapainya.  Tapi ada satu kesalahan mereka, yaitu mereka hanya mengingat impian mereka itu, TANPA MENULIS-nya disuatu media. Fakta mengatakan 10 atau 20 tahun mendatang, masa depan mereka-mereka ini lebih baik dari orang-orang yang masuk ke kategori pertama. Bahkan pendapatan mereka pun lebih tinggi dua kali lipat dari pendapatan mereka-mereka di kategori pertama itu.

Orang jenis ketiga, adalah mereka-mereka yang mempunyai impian, selain mereka SELALU MENGINGATNYA, mereka juga MENULIS-nya disuatu media yang selalu mereka bisa lihat (bisa ditempel di kamar, bisa juga dijamban) , sehingga mereka selalu terbayang akan impian mereka itu. Fakta mengatakan 10 atau 20 tahun kemudian, masa depan mereka-mereka ini jauh jauh jauuuuuuuh lebih baik dari orang kategori pertama dan kedua. Survei membuktikan, pendapatan mereka-mereka ini lebih besar tujuh kali lipat dari mereka yang termasuk dalam kategori pertama dan kedua

Jadi dari cerita murabbi gue itu, gue jadi terpancing untuk melakukan perubahan dan membuat proposal hidup, daftar-daftar impian gue. Berikut gambarnya :


 My Dream Note.

Lihatlah gambar proposal hidup gue diatas. Proposal itu gue buat pada tanggal 15 september 2012 atau pas gue kelas 2 SMA (sekarang mah udah jadi Maba). Udah sekitar setahun kurang deh kalo gak salah. Diawalai dengan tulisan ‘bismillahirohmannirohim’ dream note gue pun dimulai. Gue tau tulisan gue emang jelek, beda ama muka gue yang ganteng (oke, yang barusan kayaknya cuma mitos). Jadi gue bakal ngerangkumnya lagi di blog gue ini, mengingat tulisan gue yang bentuknya kayak coretan anak TK korban broken home.

***
My Dream Note :

1. Aku bisa masuk peringkat minimal 10 besar dikelas 3 SMA

Alhamdulilah target pertama ini sudah berhasil gue capai pada semester ganjil kelas 3 kemarin. Gue dapet peringkat 3. Ya, walaupun dikelas gue yang peringkat tiga ada tiga (nilai kita pada sama) tapi tetep alhamdulilah.

2. Aku harus dapet nilai 100 disetiap ulangan, terutama KIMIA.

Jujur inilah yang gue tulis. Gue sangat antusias sekali pengen dapet nilai 100, jujur nih yah gue ulangan kimia itu dapet selalu 70 kalo gak 80, itulah gue sangat pengen banget dapet nilai 100. Dan alhamdulilah pas ulangan kimia di Bab Senyawa Karbon  kalo gak salah, gue dapet seratus *sujud syukur* *sambil kayang*

3. Aku harus lulus Ujian Nasional dengan nilai memuaskan

Nah inilah yang bikin semua pelajar jadi galau, gimana nggak galau coba, UN nya aja 20 paket, udah gitu beda semua lagi. Tapi alhamdulilah target gue tercapai, buktinya gue sekarang udah kuliah. Yah walaupun nilai gue gak bagus-bagus amat, setidak-tidaknya, gue udah lulus.

4. Aku harus lulus PTN yang aku inginkan.

Ditarget ini, gue udah juga nuat list PTN yang gue minat. Ada UI, ITB, UNSRI, IAIN. Pokoknya yang gue minat gue tulis. Jurusannya pun gak kalah, ada Farmasi, Teknik kimia, Olahraga, Bahasa inggris, agribisnis, dan Teknik Informatika. Dan sekarang, gue udah lulus di UNSRI jurusan Sistem Informasi (sepupu Teknik Informatika) jalur Undangan pula.

5. Aku harus kuliah dengan BIAYA SENDIRI, agar tidak menyusahkan orang tua.

Ditarget ini awalnya gue pesimis, tapi alhamdulilah, Allah Maha Berkehendak. Gue lulus UNSRI jalur SNMPTN, BIDIK MISI pula (Beasiswa pendidikan). Jadi gue gak ngeluarin uang sepeser pun buat kuliah. Gak tau juga sih, gue kan belum bener-bener masuk kuliah, tanggal 21 agustus nanti masuknya.

6. Aku punya buku Raditya Dika, Alit Susanto (@shitlicious), Arie Muhammad (@poconggg), Bena Kribo.

Sebenernya gue udah baca buku dari tokoh-tokoh hebat diatas, tapi hasil dari MINJEM. Iya minjem dari temen. Oleh karena itu gue pengen punya buku mereka hasil dari duit gue sendiri.

7.  Aku punya laptop dengan SIstem Operasi terbaru dan fitur terbaru, hasil uang sendiri (target tahun 2013 atau 2014 harus sudah terpenuhi)

8. Aku harus mengikuti lomba tulis-menulis dan menjadi JUARA PERTAMA.

9. Aku harus jadi ‘Hafisz’ (penghapal alquran) minimal juz 30

10. Aku harus jadi ‘Penulis’ buku kemedi nonfiksi Best Seller, atau yang lebih baik dari ini

11. Aku bisa gabung di komunitas Stand Up Comedy Palembang

12. Aku harus punya banyak uang biar bisa membantu perekonomian keluarga.

13. Aku bisa bertemu Trio #SPBU (Shitlicious, Pocongg, Bena) dan Raditya Dika

14. Aku harus tetap beristiqomah di liqo’ / tarbiyah

15. Aku punya kendaraan sendiri dengan biaya sendiri (minimal motor)

16. Aku punya hape Samrt phone keluaran terbaru, dengan uang sendiri

17. Aku punya SIM motor, biar gak was-was kalo berkendaraan (maksimal desember 2013 udah punya)

18. Aku harus dapet IPK minimal 3, bila perlu diatas 3.

19. Aku harus lulus kuliah maksimal 4 tahun ( 2017 udah sarjana. Amin)

20. Aku bisa pergi haji dengan orang tua. BIAYA SENDIRI.

***

Itulah beberapa target hidup gue untuk sementara waktu ini. Sebenernya target gue yang dikertas itu baru ada 17, karena sisanya itu gue belum mikir kesana, mengingat gue yang belum masuk kuliah. Kertas Dream Note itu sendiri gue simpen didalem dompet gue, biar gue selalu kebaca dan selalu inget, gitu sih.

Dan target dari yang nomer 1-6 alhamdulilah udah gue capai ditaun lalu dan diataun ini. Semoga semakin banyak target yang bisa gue capai ditaun ini dan taun mendatang. Tentunya, dengan kuasa Allah swt.

Jadi, melihat dari hasil penelitian yang udah gue ceritain diawal tadi, ada baikmya bila kita punya sebuah cita-cita atau impian, cobalah visualisasikan dalam sebuah obyek seperti tulisan atau gambar, dimana kita bisa selalu melihat dan membayangkan asiknya kalo bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu setiap hari. Dan rasakan betapa kita nebginginkan hal itu. Pasti, pasti semesta akan berkonspirasi untuk mewujudkannya :)


Wassalam

@willy_wili

 
 



41 komentar:

  1. Wah hebat-hebat cita-cita lo bang, semoga semuanya tercapai hehe amin
    ohya gue udah pernah ikut seminar yang temanya bahas ginian dan disuruh nulis impiannya di kertas ._. kalo boleh tau, nama murabbi lo itu Pak Jalal bukan bang? bisa jadi sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin kun :)

      ohh bukan, murabbi kita beda, kalo akhwat ya akhwat, kalo ikhwan ya ikhwan. gitu kun

      Hapus
  2. Semoga terwujud semua kak! Semangat!

    BalasHapus
  3. wah jadi inget the secret sama wishlist nya bang bena, saya masih kategori mengingatnya sih bang.., hmm, ya nanti saya tulis impian lebih rinci lagi :-), makasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh bang bena ada juga yah ??
      siipp ditunggu tulisannya

      Hapus
  4. tuh masih kurang, wil.... kalo perlu smua impian lo yg sekekicil apapun lo tulis.
    intinya, lo tulis impian lo, bis itu lo harus berani buat mewujudkannya. percaya deh, Allah itu maha pendengar dan maha pemurah.
    ini sbnernya lomba, bkannya make mahasa inggris ye, wil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang itu baru gue buat dikit, ini mw lanjut bikin lagi.
      Enggak woo, bahasa bebas :D

      Hapus
  5. kereenn..moga semuanya bisa tercapai...

    yah tp sbagian besar berbau stand up dan selebtwit2... emg aliran nulis km udah mengarah kesana sih ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak,

      ooh gitu, yah, makasih deh

      Hapus
  6. wuiiihh keren euuyyy mimpinya hapal Alqur'annya itu lhoo yahh semoga impian-impian Willy semua terwujud, aamiin. sukses yahh buat GA nya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya moga tercapai yah mbak :)
      sukses !!

      Hapus
  7. bikin juga ya Wil, kemarin aku juga udah bikin nih Wiil..hehehehe
    semoga mimpi kita semua tercapai ya Wil, baru mau kuliah gini yaaa..selamat dan semangattt!! joss banget deh bisa kuliah tanpa ngeluarin biaya sepersenpun, ortu lo pasti bangga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, semoga sama2 terwujud deh !

      hem, bisa jadi :D

      Hapus
  8. lo luar biasa bang. Wah postingan kali ini jadi inspirasi buat gue. Makasih bang.

    Btw itu trio SPBU, kenapa raditya dika nya U bang? ._.

    Eh iya, pertama kali bekunjung ke blog lo bang. Kesan pertama nya, u're amazing bang amazing.
    Kapan sempet mampir balik yaa bang. Saling follow juga dong. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2.

      Bukan, U nya itu Unyuuu, radit mah di kategori laen.

      oke2 entr gue follback :D

      Hapus
  9. Alhamdulliah selamat yah will sebagian dari dream note nya udah tercapai...
    Semoga yang lainnya juga tercapai ya will . aamiin.

    :)
    ciyee anak UNSRI ciyeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin lagi.

      cie mbak yg suka modusin orang. haha

      Hapus
  10. Congrats ya wiiiilll!
    Aku juga ada sekian impian dan cita-cita yang kutulis di dalam suatu note, atau kertas minyak bekas nasi bungkus.
    Sebagian terwujud, sebagian masuk draft, sebagian lagi terkatung-katung compang-camping nggak tau nikah sama siapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha abisa jadi zak.

      eh modusan kita gimana #uhuk

      Hapus
  11. anjjiir, gue kira waktu baca pertama itu MIYABI, ternyata murabbiii wkwkkk

    yoi bro, apa yang harus kita lakukan ada baiknya kita tulis. jadi apa yang akan kita lakukan tersusun rapi. selain itu juga bisa jadi pemicu motivasi dalam diri.
    dan buktinya ini lo bisa wujud in apa yang lo tulis.
    congrats !

    BalasHapus
  12. aamiin ya Will. semoga list dreamnya suatu saat bisa tercapai semua.

    aku jugapengen banget hapal alqur'an minimal just 30 lah. yukkk barengan yuuk *eh hahaha

    BalasHapus
  13. cita" yang mulia.. smoga bisa tercapai satu persatu yaaaa :)
    amin

    BalasHapus
  14. Keren! Semoga gue juga bisa kayak elu lah bang, luck-nya bagus di bidang pendidikan.

    BalasHapus
  15. Gue salut sama lo wil, pengen jadi penghafal al-qur'an :")
    gak semua anak pernah bermimpi untuk menjadi penghafal al-qur'an di zaman skrng ini. kerennn.. semoga impian2 loe terwujud. jangan lupa bersyukur. dan tetap berdoa. Usaha? teteppp :") (kata2 terakhir ini ditujukan bukan hanya buat loe, tapi buat diri gue sendiri) haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang amin, pkoknya kita saling support aja deh. :D

      Hapus
  16. Semoga apa yang smenjadi mimpinya bisa terwujud dengan aksi dan ikhtiar tanpa henti. Semangka, Willy:)

    BalasHapus
  17. semoga terwujud ya wil, apalagi yg pengen hafiz, gue dukung 100%!

    BalasHapus
    Balasan
    1. elu mau ngedukung gue mbak ? gak keberatan ?

      Hapus
  18. mimpinya keren2 nih, paling suka mimpi yang nilainya tinggi, kuliah tanpa ngerepotin ortu dan jadi penulis :D pasti bisa! yang penting niat dan semangat ;) tiap kali down, coba baca komentar2 kami yang mendukung deh, siapa tahu bisa bikin semangat lagi :D

    BalasHapus
  19. aamiin. srmogaapa yg sudah ada di dream note abang bisa terkabul. aamiin.
    gue juga punya dream note. nanti kalo ada waku akan gue pos juga ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya amin.\posting gih, pengen baca juga :D

      Hapus
  20. <<-- org yg punya impian. selalu menulis dan mengingatnya. :)

    BalasHapus
  21. Nilai 100 di semua ulangan? Now that's a challenge. Semangat ya, semoga tercapai.
    Postingannya udah gua baca. Semoga selalu semangat berjuang mewujudkan impian2 di atas yaaa ^^
    Thanks udah ikutan giveaway Emotional Flutter

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...