Orang Khilaf

Minggu, 01 Desember 2013

“Kuliah Memang Tak Seindah FTV”


Gilllle, udah awal bulan aja, gak kerasa banget. Gara-gara agenda gak-kerasa-banget-ini, blog gue jadi terlantar, gak keurus, sama kayak yang punya. Blog gue pun isinya cuman satu postingan, itupun dipostnya awal November kemarin. Iya, mungkin ini namanya butiran debu…

Terakhir gue ngepost itu tanggal …… Itu kira-kira sebulan yang lalu, zaman dimana tugas-tugas  kampret dan jadwal-jadwal kuliah belum menyelimuti diri gue. Dan sekarang gue mulai ngepost lagi, dan tentunya masih dalam keadaan kampret-naduzibllah. *sujud syukut**sambil kayang*

Entah kenapa lama gak nulis di blog, tulisan gue jadi gak terstruktur, sama kayak bentuk mukanya cesar yang juga nggak terstruktur. Dulu, sebelum tugas dan UTS menyerang, gue rajin banget nulis di blog. Waktu itu, gue lagi produktif-produktifnya banget nulis, satu hari bisa satu postingan.

Biasanya waktu yang nyaman buat gue nulis itu di pagi hari, sekitar jam 9-an disaat gue baru bangun tidur (iya, gue bangun tidur jam 9. Gak usah dipuji udah biasa). Tapi sekarang waktu menulis gue pun perlahan-lahan pudar karena tuntutan mahasiswa yang selalu dibebani tugas-tugas kampret oleh dosennya.

Emang bener kata orang-orang, “Tuhan TIDAK PERNAH memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya, tapi DOSEN, SELALU memberikan tugas melebihi kemampuan mahasiswanya”. Beda tipis.

Sekedar informasi (lagi), gue itu kuliah jurusan Sistem Informasi di Universitas Sriwijaya Palembang. Dan karena gue adalah mahasiswa baru, jadi jumlah SKS yang diambil pun cuma sedikit, sekitar 21-an (maksimalnya 24). Karena SKS yang dikit itulah, jadwal gue kuliah pun cuman sedikit, yaitu hari senin, selasa, rabu, dan jumat. Untuk hari kamis-sabtu-minggu pun gue libur. Nah, waktu libur itulah yang biasanya gue pake buat nulis postingan, tidur-tiduran, ataupun maling jemuran.

Namun seiring berjalanannya waktu, gara-gara tuntutan materi kuliah yang banyak dan diiringi dengan jumlah absensi dosen yang tak terhingga, maka karena itulah hari-hari libur gue resmi berkurang. Tuntutan dosen yang pengin nyelesain materinya karena bentar lagi UAS juga menjadi alasan yang lainnya. Dari yang biasanya hari kamis itu gue pakek buat ngebo sepanjang hari, sekarang hari kamis resmi dipake buat belajar tambahan. Dari yang biasanya hari sabtu gue pakek buat refreshing nyolongin jemuran orang, sekarang hari sabtu resmi dipakek buat tes TOEFL dan belajar tambahan di kampus Unsri B, di bukit (kampus Unsri A nya ada di Inderalaya)

Belum lagi kiriman tugas dari dosen gue yang banyak dan susahanya naudzubillah. Contohnya aja kayak mata kuliah Praktikum Pemrograman Web 1. Di mata kuliah ini kita disuruh BIKIN PROJECT berupa halanan WEB. Disini gue dan temen sekelompok dapet bahan project: Sistem Informasi SMA.Project inilah yang bakal jadi nilai UTS dan UAS gue di mata kuliah Praktikum Pemrograman Web ini. Tapi yang jadi masalahnya sekarang adalah: temen-temen sekelompok gue yang pada kampret. Iya mereka pada gak ngerjain, semuanya yang ngerjain itu GUE. Agak nyebelin emang sih, tapi yaudahlah, karena gue orangnya baek, cakep, dan pinter (yang mau muntah silakan, gue yang nulis aja enek), maka gue ikhlas ngelakuin itu semua. 

Sistem Informasi SMA buatan gue
Gue buatnya ini lama banget, ini aja belum selesai seluruhnya. Bayangin berjam-jam gue ngebikinnya makek bahasa HTML, JAVA, PHP, dan kawan-kawannya.

Dan menurut gue yang paling parah adalah: dosen gue yang jadwal absennya lebih besar dari jadwal hadir. Contohnya aja kayak matkul Teori Pemrograman Web 1. Dosen yang ngajar gue ini bisa diitung jumlah masuknya, dan yang hebatnya adalah, ketika dosen ini masuk, beliau langsung nyuruh kita tanda tangan kehadiran 5 kali atau lebih, buat ngisi tanda tangan kehadiran yang sebelumnya. Hebat-hebat.

Contoh kasus lain kayak hari kamis lalu, hari yang harusnya dipakek buat stalking twitter mantan, malah diisi buat jadwal kulioah tambahan. Dari pagi jam 8-an kita disuruh buat udah kumpul Unsri Bukit bagian Laboratorium D3 FASILKOM. Disana kita bakal kuliah tambahan materi Praktikum Algoritma Pemrograman 1 dan habis itu langsung kuliah Bahasa Inggris.

Mata kuliah pertama, Algoritma Pemrograman 1 berjalan dengan lancar. Hingga jamnya selesaipun (jam 11-an) semuanya lancar-lancar aja. Tapi masalah yang timbul adalah pas di matkul kedua, Bahasa Inggris. Dosen matkul ini janjian dengan kita buat masuk jam 3 sore. Agak kampret emang, selisih jam masuknya jauh banget, dari jam11 siang, jadi jam 3 sore.

Karena gak mungkin gue pulang kerumah cuma buat tidur-tiduran, maka gue putuskan untuk istirahat dikosannya temen gue. Kan gak lucu aja gitu kalo gue pulang ke rumah nyampe jam satuan kurang, buka pintu, terus salaman ama orang rumah, terus pamit ”Saya pergi lagi yah, camulikum,”. Orang rumah juga pasti mikir “tuh anak terlalu rajin atau……kelampau begok”. Gak-gak, hanya orang bego’ yang mau nyia-nyian waktu, tenaga, dan uang.

Setelah istirahat dikosannya temen gue, waktu udah menunjukan pukul setengah tiga. Gue dan temen gue pun langsung kembali lagi ke kampus buat lanjutin kuliah. Sekitar 10 menit perjalanan, kita pun udah nyampe diruang kelas yang bakal dipakek buat belajar. Singkat cerita pas udah lama nunggu, ternyata nih dosen sms ke ketua kelas, isinya kalo gak salah intinya beliau gak bisa masuk, dan nyuruh kita tanda tangan kehadiran langsung sampe tanggal kehadiran terakhir.

Ngebaca sms itu, disatu sisi gue seneng karena gak jadi masuk kuliah. Disisi lain gue kesel, “Kenapa gak dari pagi aja smsnya, kampret. Gue udah capek pegi pagi-pagi dan bela-belain gak pulang buat istirahat, eh gak taunya gak masuk”. Saat itu gue bener-bener kesel, sempat juga kepikiran buat ngirim jenglot kerumah dosen itu, tapi karena takut dikasih nilai A++, niat itupun gue urungkan.

***

Dan sekarang disinilah gue, terdampar dirumah sendirian menikmati hari minggu, sambil menanti kiamat sughra-nya para mahasiswa yaitu: Ujian Akhir Semester. Sedikit info, kampus gue itu ngadain UAS-nya lebih cepet dari kampus lain, iya kampus gue ngadainnya tanggal 9 Desember nanti, beda dengan kampus lain yang ngadain UAS-nya bulan januari nanti.

Jadi buat adek-adek SMA yang baca postingan ini (mudah-mudahan ada yang baca, Amin), jangan terlalu buru-buru buat nyelesain masa SMA-nya. Bila perlu, kalian lulus SMA-nya itu 5 taunan, karena apa ?? ya karena nikmati aja dulu masa SMA kalian, nikmati masa-masa dimana kalian sering bolos kekantin bareng, masa dimana nyontek berjama’ah itu indah, masa dimana keakraban dan persaudaraan emang lagi anget-angetnya, sampe-sampe masa dimana kalian ngerasain yang apa namanya cinta, (iya kalo ada yang mau sama lo sih). Karena percayalah kawan, “Kuliah memang tak seindah FTV”.



Wassalam


@willy_wili
Ikhwan yang merana karena kejamnya tugas kuliah

33 komentar:

  1. ya begitulah kuliah, banyak kampretnya daripada senengnya, tapi nikmatin aja :)

    BalasHapus
  2. dan gue bentar lagi kuliah .__. dan sudah terbayang dari sekarang gimana susahnya -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang lo mau jurusan apa ntar fa ??

      Hapus
  3. lo hampir masuk ke dalam golongan murtad karena lama gak nulis di blog. dosen yang menggila itu ketika jadwal absen lebih besar dari jadwal hadir yang biasa gue sebut rapel absen.
    saran lo menyesatka bro, masa adik-adik SMA lulusnya mesti 5 tahunan. anaknya suka orangtuanya yang nangis. hahaha...

    BalasHapus
  4. Dinikmatin aja. Aku udah tamat gini malah pengen balik ke masa-masa ribetnya jadi anak kuliahan. Sms berantai gara2 titip absen pas dosen ngasih tugas, kerja kelompok tapi yang ngerjain cuma 1 orang, 'ngebooking' 1 baris bangku di tempat paling strategis buat teman se-genk. haha.

    BalasHapus
  5. hueheuheu gue tau kok men perasaan lo. soalnya gue juga pernah berada di posisi sekarang, dan yang paling kampret waktu kuliah adalah skripsi, nikmatin ajah kuliahmu sekarang sebelum skripsi menyerang yang bikin kelimpungan :D

    BalasHapus
  6. enjoy aja, entar kl udah lulus bakalan kangen masa2 ky gini loh :D

    BalasHapus
  7. Terkadang TUGAS itu yang menyadarkan MAHA-siswa sebagai manusia loh.... dalam mengerjakan tugas itu banyak sekali proses pembelajarannya (kesampingkan perkara akademis, itu sudah pasti) tapi saat mengerjakan tugas itu kita dituntut untuk bersosialisasi dan memahami perwatakan manusia lain yang terkadang saling sikut untuk mendapatkan hasil tugas yang terbaik. jadi proses pemahaman itulah yang malah menjadikan seorang mahasiswa itu manusia dan siap untuk menghadapi kerasna fana.

    BalasHapus
  8. hahahahhaa sabar ya.. masa2 kuliah memang gitu, kadang sang dosen ga sadar kalo tugasnya sangat membebani mahasiswa
    taopi nikmatin aja, waktu depan pasti km bakal kangen masa2 itu
    btw lama gak ngeblog terkadang bikin kaku kalo mau nulis lagi
    so tetap semangat ya

    BalasHapus
  9. Hahahhaa, nikmatin aja.
    Gue yang sekarang lagi kalap dengan skripsi (status mahasiswa tingkat akhir) juga pernah ngalamin masa2 bahagia itu -_-

    BalasHapus
  10. pas udah ga ribet kek aku sekarang, malah kangen bro. suer deh..

    BalasHapus
  11. hahahaha. aku paham penderitaanmu will...aku juga pernah ngalamin semua itu...
    pesenku sih, nikmatin apa yang ada sekarang...susah-senangnya...ntar kalo km lulus, pasti bakalan kangen masa-masa kayak gini wil....
    semangatt buat UASnya... :D

    BalasHapus
  12. Semuah anak kuliahan pasti pernah mengalami hal,yg sekampret ini. agak males males bete gimana gitu. tapi apapun yg terjadi jangan pernah menyerah demi satu kata, lulus!

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kamprett banget ?? Untung gue belum kuliah :p
    Tapi sehabis ini gue disuruh kuliah dan akan mengalaminya dong -_- yang kampret beginian.

    BalasHapus
  15. emang kuliah, dosen, dan tugas selalu jadi hal nge.betein .
    tapi dinikmatin aja wil, itu namanya proses .
    gue UAS nya Januari loh, lu berarti UAS nya barengan anak SMA dong ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ank SMA uas nya desember yah ? baru tau gue

      Hapus
  16. ah, dosen nggak bener banget itu namanya, korupsi waktu korupsi uang bayaran mahasiswa itu mah...ckckckckc...

    kalau ternyata kakak kakak yang baca postingan ini (pasti ada), yaitu gue, boleh kan gue berkata,
    "Sukuriiiiin, syelamat UAS eaaaaaa :)" hahaha

    BalasHapus
  17. ciieee yang udah mahasiswa,, selamat yah baru ngerasain indahnya bercinta dengan tugas tugas dari dosen yang seabreg hihi
    Emang bener kata orang-orang, “Tuhan TIDAK PERNAH memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya, tapi DOSEN, SELALU memberikan tugas melebihi kemampuan mahasiswanya”. duuhhh itu kalimatnya benar2 nyinyir ternyata di kampus kamu dosennya juga jarang masuk yah jadinya pas mau UAS mahasiswanya suka main kejar tayang,,, yowes dinikmati saja^^

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...