Orang Khilaf

Selasa, 18 Desember 2012

Go Green : "Bulan Menanam Pohon"


Assalamualaikum wr wb

Gue kemaren liat infotainment di tipi yang ada liputan tentang kucing Persia gitu. Kata majikan kucingnya, kucing ini dibawa kesalon tiga kali seminggu buat dirapiin bulunya lah, dirapiin kukunya, sampe-sampe perawatan gizinya. Ebusseet dah, ini kesenjangan social banget. Abis nonton liputan itu, gue langsung cabut kesalon trus ngambil paket lulur sari purbaningrum sama keramas pakek daun kelor. Gue bela-belain makek duit hasil ngepet gue semalem, biar bisa ngambil paket diatas. Secara gue kan orangnya ganteng dan keren. Agak nggak ikhlas juga sih sebenernnya, masa’ iya lifestyle gue kalah sama kucing. Ini nggak adil banget.

Diantara liputan tipi yang gue liat kemaren, gue paling terkesima cetar membahana kece badai salto belakang salto depan sama liputan yang tentang bumi. Gue liat di infonya kalo semakin hari ternyata semakin tua juga usia bumi kita ini. Dan sekarang katanya sih umur bumi udah sekitar 4,5 milyar tahun., usia yang nggak lagi muda. Kalo diibaratin orang, misal sapri, Sapri udah punya 20 cicit yang cicitnya itu masing-masing udah janda 5 kali dan duda 3 kali. Emang agak nggak nyambung sih.

Dari tahun ketahun bobot bumi kita ini juga semakin bertambah karena adanya muatan-muatan dari benda langit lain yang hinggap dibumi, kayak meteor, asteroid, dll. Disisi lain, kehidupan manusia juga mengalami perkembangan dan kemajuan teknologi. Seiring berjalannya waktu, penemuan-penemuan teknologi yang lebih baru pun sudah banyak bermunculan. Hal inilah yang membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Tapi ternyata tanpa kita sadari, teknologi-teknologi maju yang kita gunakan itu mempunyai efek samping yang sangat besar. Misalnya aja motor yang lo punya sekarang.

“Motor itu yang biasa dipakek di celana itu yah wil ??”
“Itu kolor woy, kolor, #nyiapin golok

Kita sadar atau nggak, asap knalpot yang mengandung banyak unsur kimia yang berbahaya itu sangat berbahaya bagi bumi. Sebagaimana kita tahu jumlah kendaraaan di indonesia saja sudah sangat banyak melebihi persediaan jumlah jomblo yang ada. Bagaimana dengan asapnya ?? Asap knalpot sangat berpotensi mengikis lapisan ozon yang ada dibumi. Bayangin aja kalo lapisan ozon kita udah ancur, nggak ada lagi bakalan yang memayungi bumi ini, lalu dengan mudahnya benda langit yang menerebos kebumi dan mengahancurkan bumi dan seisinya.

Sejenis dengan asap knalpot, AC dan parfum juga berpotensi untuk merusak bumi ini. Sebenarnya nyaman kalau kita memakai AC, tapi dibalik AC itu ada unsur CFC  yang terkandung dalam AC menguap dan menyebabkan lapisan ozon semakin menipis, itulah yang menyebabkan lingkungan kita semakin panas. Masa’ iya kalo mau keluar kita kudu makek baju tebel 3 lapisultraviolet biar nggak kepasanasan ??

Dibalik itu semua, Tuhan masih berbaik hati kepada kita dengan memberikan anugerah yaitu POHON. Dengan adanya pohon ini, semua gas yang berbahaya tadi paling tidak sudah terkurangi karena diserap oleh pohon tadi. Tapi sekarang dimana rasa syukur kita, malahan ada segelintir orang yang menebang pohon secara liar demi kepentingan pribadi. Disatu daerah misal Jakarta saja sudah  sangat sulit sekali dicari daerah hijau. Inilah yang membuat gue semakin miris.

Oleh karena itu, ada baiknya kita semua melakukan perubahan kecil dalam hidup kita, misal menghidupkan AC seperlunya, memakai parfum kalau tidak mandi saja, Kurangi menonton tv (khusunya Cinta Fitri), pakailah kendaraan hemat energi (misal odong-odong, sepeda), mengurangi pemakaian kantong plastik yang sulit diuraikan oleh tanah, dan yang terpenting adalah mulailah menanami tumbuhan hijau diperkarangan rumah.

Sebenarnya mengurangi polusi udara adalah sebagian kecil dari manfaat menanam pohon. Manfaat lainnya yaitu bisa dengan menjadi lahan resapan air agar tidak terjadi banjir dan of course tentu saja menjadi hiasan lingkungan yang indah.



Jika semua orang melakukan melakukan penanaman pohon dan sederet kegiatan diatas, bukan mustahil bumi kita ini masih bisa berumur hingga jutaan milyar trilyunan tahun lagi, sehingga masih bisa dinikmati oleh 20 generasi kita yang akan datang. Oke, jadi mulai dari sekarang mulailah menanam  pohon sebatang demi sebatang, dan dimulai dari diri kita, keluarga, teman, bahkan seluruh dunia.

Karena ini adalah bulan menanam pohon, . .
“Mari hijaukan bumi kita, GO GREEN !!”

Sebenernya nggak usah Cuma dibulan ini aja sih, untuk sekarang seterusnya J


*Nggak nyangka gue bisa nulis kata sebagus ini, terharu gue :’)

31 komentar:

  1. Postingan bang willy sepaham sama bang ahmad. gue paling suka sama acara menanam pohon, untuk mengurangi polusi sekaligus mengurangi dampak pemanasan global :D

    BalasHapus
  2. Setelah baca postingan ini, gue mau nyabut pohon beringin di jalan buat ditaruh di pekarangan..
    Subhanallah, mulia banget ide gue..
    GO GREEN!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. nyabut yang udah hidup untuk ditanam kembali.

      Kayak lagunya bang roma, gali lobang tutup lubang.

      Hapus
    2. wuahahah bung roma mau nyalon jadi presiden #terlalu

      Hapus
  3. eh bujug dah, ajib bener ini postingannya, saya ampe senyam senyum sendiri, asli kereennn bro... ngomong" skrg saya nggak nonton cinta fitri lagi nich udah ganti cenel ke sule haha ga pke ngakak..
    salam kampanye ngeblog BSO solid bro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahaha sama aj itu bang -__-"
      ya tetep solid bang :)

      Hapus
  4. Lah ada yang aneh dengan blognya agan, tanggal di komentarnya koq 17 Desember?
    Ini kan udah 18 Desember gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang gak tau gue cara setting zone time nya

      Hapus
  5. Wew, setting time-zone-nya brow... :D
    Btw, ada informasi penting di sini. Gue jadi tau kalo AC mengeluarkan zat yg membahayakan lingkungan... pantesan yak ada produk baru yg ngaku2 ramah lingkungan... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue gak ngerti bang cara setting nya,
      haha gue juga baru tau tuh bang #eh
      makannya bang glen sering2 nonton cinta fitri dong
      wuahhaha

      Hapus
  6. iya john di kampus gua juga gitu......

    tapi sekarang AC udah pada pakek moosi coll sebuah cairan pengisi yg yg di produksi oleh PT pertamina bro, lebih hemat energi dan aman untuk lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. elu lebih ngerti nem soal pendinginan kek ac, tapi gak lebih ganteng dari gua kok hahahah

      Hapus
    2. terserah kalian deh abang2 ku, yang penting gue tetep yang paling GANTENG. TITIK

      Hapus
  7. go green mah go green , tapi jangan sering makan daging

    BalasHapus
  8. kampus gue ngadain program go green gini sejak beberapa bulan yg lalu. gue ikutan dan gue bangga... semoga bermanfaat deh tiap pohon yg kita tanam dan kita rawat :) dan pastinya bermanfaat dong hehe

    BalasHapus
  9. ini nih postingan smart, jarang ada di personal blog hehehe

    keep go green :D

    BalasHapus
  10. go green go green
    ayo ayo semangat
    mari menanam pohon..

    ada ide bagusnya juga ini, pakai parfum pas gak mandi saja.. kalau tiap hari ga mandi gmna donk? hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahaha itu pasti kebiasaan mbak yah ? nggak mandi :D

      Hapus
  11. kayaknya baru pertama kali nih mampir ke sini.. dan begitu terkesan dengan kata-katanya yang sungguh mempesona *hatsaaah...

    and this is the 4th posting yang saya baca hari ini, dengan topik menanam pohon. Yeay, diingetin lagi supaya peduli lingkungan sama teman2 blogger.. Nice one :)

    BalasHapus
  12. ayo tanam,, tanam siramm siram setelah ditanam... soal ac, di kos gua mah enggak ada ac nya, jadi gua udah earth friendly dongg

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahah itus ih lo aja yang kere bang, *piss

      Hapus
  13. Coba kalo semua orang bisa betul2 mengerti manfaat menanam pohon, pasti mereka bakal rebutan pohon buat di tanam di rumah atopun lahan kosong.
    postingannya bang willy harus disosialisasikan nih, biar banyak yang mau menanam pohon. Go green!

    BalasHapus
  14. yo yo yo
    tanam terus, kalo saya mah ogah bang.
    mau tahu alasannya kenapa?
    akan saya jawab di blog saya hahaha

    BalasHapus
  15. mulailah menanam pohon sebatang demi sebatang, dan dimulai dari diri kita, keluarga, teman, bahkan seluruh dunia.

    ide bagusss guys

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...