Orang Khilaf

Minggu, 10 Agustus 2014

Sedikit Kisah Tentang Isra' Mi'raj


Beberapa hari yang lalu (well, tepatnya beberapa bulan yang lalu), masjid di daerah perumahan rumah gue mengadain kegiatan Isra’ Mi’raj, peringatan hari besar umat islam. Bagi kalian yang sholatnya cuma seminggu sekali, itupun cuma sholat jumat, dan itupun juga kalian sholat jumatnya cuma karena mengharapkan sandal baru, pasti gak tau apa arti dari Isra’ Mi’raj. Jadi gini, Isra’ Mi’raj itu adalah........... *10 menit kemudian*. Nah, begitulah.

Oke, oke, santai aja dulu, gak usah angkat-angkat kursi segala. Bauklah gue jelasin. Isra’ artinya perjalanan malam (dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa) dan Mi’raj artinya naik kelangit. Disini beliau dinaikan ke langit hingga ke Sidratul Muntaha (tempat yang paling tinggi) untuk menerima perintah sholat 5 waktu sehari semalam.

Bagi yang (ngerasa) umat islam sesungguhnya, bukan islam KTP apalagi islam kartu pelajar, peristiwa Isra’ Mi’raj ini merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah sholat 5 waktu diwajibkan, dan selain itu juga, tidak ada nabi lain yang pernah mendapat perjalanan ke Sidratul Muntaha selain Nabi Muhammad SAW. Inilah merupakan salah satu dari sekian mukjizat beliau.

Nah, berhubung gue adalah pengurus Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dan berhubung juga gue adalah ketua Divisi PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), maka pengurus IRMA pun semangat untuk memeriahkan acara Isra’ Mi’raj ini dengan kegiatan berbagai macam. Kegiatan apa ajakah itu ? entahlah, gue juga nggak tau.

Kegiatan Isra’ Mi’raj ini pun seharusnya kegiatan yang dipelopori oleh divisi gue. Tapi karena ini merupakan kerja tim seluruh pengurus, maka acara ini pun direncanain oleh semua divisi. Sedangkan gue, cuma dikasih tugas buat bikin pamflet dan banner acara.


ini dia, desain pamflet yang sangat-sangat sederhana

Acara ini kami beri nama Perlombaan Isra’ Mi’raj (PIM) yang isinya merupakan kegiatan lomba. Sempet kepikiran buat ngadain lomba panjat pinang, tapi berhubung target peserta kami anak-anak 13 tahun kebawah, niat itu pun kami buang jauh-jauh. Ada ide lain untuk lomba makan kerupuk, entah apa hubungannya sama perisitwa Isra’ Mi’raj-nya Rasulullah SAW, maka lomba makan kerupuk pun ikutan dicoret.

Akhirnya ada ide buat lomba Praktek Sholat, tapi karena peserta kita anak-anak kecil, maka gue ngasih saran agar jangan lomba Praktek Sholat, tapi lomba secepetan sholat. Kenapa gitu ? soalnya anak kecil kan emang gitu, pas sholat mulutnya sengaja dikomat-kamitin tanpa tau yang dibaca. Mirip gue waktu kecil dulu. Tapi, ide gue pun secepat kilat langsung ditolak oleh majelis. Kenapa bisa ditolak ? karena apabila disetujui, takutnya akan memecah belah umat.

Fix, setelah diskusi panjang lebar, akhirnya ada  6 macam mata lomba dengan spesifikasi umur yang berbeda-beda. Ada Lomba Adzan yang pesertanya  cowok semua (yaiyalah!!), Lomba Hafalan Surah Pendek, Lomba Cepat Tepat, Lomba Da’i & Dai’ah, Lomba Praktek Sholat dan Lomba Mewarnai.

Singkat cerita, hari H pun tiba, peserta pun berdatangan ke Masjid An-Nur. Peserta lombanya sangat ramai, mirip warga yang demo minta harga cabe-cabean turun.

Salah satu mata lomba yang diadakan: Lomba Mewarnai

FYI: adek gue si Nada, yang notabenenya baru berumur 4 tahun, ikut-ikutan meramaikan lomba mewarnai ini. Dan tentu, dia yang paling heboh. Sebagai contoh:

Disaat peserta lain mewarnai dengan posisi begini,

Adek gue dengan wajah tak berdosa, mewarnai dengan posisi ini: tengkurap
Sungguh adik yang membanggakan. Iya, membanggakan, membanggakan kalo tidak punya adik seperti ini

Dan sudah bisa ditebak, hasilnya pasti diluar batas akal manusia. Walaupun gue panitia di acara itu, gue gak bakalan Nepostisme dengan memenangkan hasil gambaran adek gue sendiri. Karena apa ? karena..


Untuk melihat gambar dengan jelas, silakan miringkan kepala Anda 90 derajat

Masa’ iya gambar model gini bisa jadi juara, bisa diamuk warga gue -_-

Selang beberapa hari dari hari Perlombaan diatas, gue dan teman-teman yang kali ini tergabung dalam organisasi Pemuda PUI (Persatuan Umat Islam), turut mengadakan kegiatan guna memeriahkan peristiwa Isra’ Mi’raj ini. Tapi bedanya, targetan peseta kami adalah pelajar SMP dan pengurus IRMA se-kelurahan. Kegiatannya adalah “Seminar Islami: Islam Itu Gue Banget !”.

Lagi-lagi, gue yang disuruh bikin pamfletnya


Pamflet acaranya. 


Berhubung pada hari yang sama, nenek gue meninggal, akhirnya gue pun gak bisa ikut acara seminar ini. Jadi, gue nggak tau gimana kondisinya disana. Gue harap, gak terjadi perebutan snack yang berakibat pertumpahan darah antara Novrian dan Akbar.


***


Sebenernya postingan ini seharusnya di publish beberapa bulan yang lalu, tapi karena gue pinter, postingan ini pun di pending dan baru sempet diposting sekarang. Entah apa hubungannya sama pinter, jangan tanya gue.

Jadi ending dari postingan ini adalah: Ingetlah selalu peristiwa Isra’ Mi’raj-nya Raulullah SAW, karena perisitiwa itulah yang menjadikan cikal bakal diwajibkannya sholat 5 waktu. Maka mulai dari sekarang, ada baiknya kita mulai perbaiki diri, ber-muhasabah mengingat rekam jejak ibadah kita dulu.  

Ada baiknya mulai dari sekarang sholatnya jangan bolong-bolong lagi, apalagi yang bagi sudah akil baligh. Malu, lah. Karena apa ? inget, amalan yang pertama kali di Hisab oleh Allah SWT adalah amalan sholat. *brb* *KesamberSyekhPuji*


Terakhir, nikmatilah foto makhluk astral dibawah ini:
Nada, 4 tahun, bukan karnivora.
 






27 komentar:

  1. hahahaha
    postingannya udah lama tapi gapapa deh yaa :D
    Aku dulu juga sering banget ikut lomba - lomba gitu dan emang paling seneng tuh lomba mewarnai tapi gak tau gak pernah menang.
    giliran lomba tajwid malah yang menang, sakitnya tuh disini*nunjukhadiah* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh itu baru, cuma temanya aja yg lama :p
      btw, gw gak ikut lomba, cuma jdi panitia -,-

      lah, malah curhat -_-

      Hapus
    2. yaah maksud aku gituuu..
      aku curhat pernah ikut lomba beginiaaan..
      masa iya udah gede mau ikutan lomba bareng anak TK, hehehe :D

      Hapus
  2. halo willy
    bw perdana ke blog kamu nih :)

    haha itu kasian anak kecil dibilang makhluk astral -_-

    salam kenal yah

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Waaahh ikhwan keren... udah anggota IRMA, ketua Divisi PHBI, gabung di pemuda PUI pula... mantap... banyak organisi makin banyak pengalaman... oh ya, itu adeknya tjantiikkk deh... gambar yang diwarnai juga hehehe

    Btw adain lomba dengan anak-anak gt seru juga yaaahh... pasti rada ribet jg jadi panitia hehehe... emang harus gt sebagai kk gak bleh nepotisme tp klu memang cara mewarnai adeknya bagus yh harus didukunglah... hehehe masa' adeknya di bilang makhluk astral...

    Sama yah buat si Nada^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh jgn dipuji gitu mbak, nanti saya gigit kursi nih :3

      masalahnya skrg: gambaran adk gue emng jelek -_-

      Hapus
  5. Cieeeee yg anak IRMA cieee salut deh masih muda tp km ikutan kegiatan begituan Will

    Btw banyak juga lombanya. Pgn ikutan lomba adzan deh hhhahaa lol

    Pnya nada lumayn tuh. Hahhaa sayangin dia donk msa dia mkhlul astral

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, pngen ikutan adzan mbak ? nggak papa, skalian, sini saya azanin mau #eh haha

      itu salah satu bukti rasa sayang saya ke nada mbak, dgn mengalahkannya dilomba tersebut. whahaha *ketawa setan*

      Hapus
  6. Salam manis dan kecup hangat dari jauh untuk Nada. Dari mamahnya Palung, lho. Palung mana berani kecup cewek, hihi. Nada manis banget, kasihan punya abang yang khilaf ngatain adiknya makhluk astral, haha.
    Posternya bagus, Wil merendah, deh. Semoga saja Nada berbakat gambar juga kelak. Masih baikan daripada Pal yang sudah 4 tahun 9 bulan dan gak bisa mewarnai. Bisanya ngancurin krayon sampai mamahnya kapok beliin gituan. Mesti pensil warna saja.
    Wil ngaco cara nulisnya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo adiknya manis, biasanya nggak jauh beda dari abangnya loh mbak. wkwkw

      btw si Nada umurnya baru 4 tahun 6 bulan loh, tuaan anak mbak. Jodohin aja yuk ? haha

      Hapus
    2. Hahaha, jadi comblang ceritanya, masak balita dijodohkan. Kira-kira mereka mau gak? Yuhuu....
      Lagian Nada nanti setelah besaran akan muncul cantiknya, loh, ngalahin abangnya yang cuma dapat manis. Apa gulali, Wil jadi manis doang?
      Bakat gambar dari mana, sih?

      Hapus
  7. Wah, IRMA..
    jadi inget jaman2 SMA masih ngurusi acara kayak gitu di masjid. Rame banget + capek juga ngadepin anak2 kecil satu desa..
    Sekarang malah kangen masa2 seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, angkatan tua yg komen nih kayaknya. haha

      Hapus
  8. aaaaaak gua ketua remaja masjid juga nih pas STM.. keren kan gua will yang lain tawuran gua buka qur'an ? hahai.. bisa di tebak apa jadi nya kalo gua jadi ketua remaja masjid.. pernah gua ngajuin acara isra' mi'raj juga, banyak banget lomba2 yang gua ajuin dan yang bikin acara ini semakin meriah... kita akan kedatangan artis dangdut. sumpah gua takut di kutuk setelah acara itu selesai...

    duuuh jadi mengenang masa2 STM nih, Cucok lah !

    BalasHapus
  9. kakak yang jahat, masa adeknya dibilang makhluk astral, padah cantik gitu.
    btw lo jadi ikhwan golkil ya.
    beda banget sama ikhwan ikhwan di kampus gue yang sok jaga image gimana gitu.
    eh, malah ngomongin orang haha

    BalasHapus
  10. mantap nih IRMA masih tatap eksis.. semagat terus dijalan dakwah :3
    jadi teringat waktu kecil lomba mewarnain + adzan hahah.. :3

    BalasHapus
  11. disaat orang lagi sibuk pada nongkrong di cafe-cafe lo malah sibuk ngurus mesjid dan antek-anteknya, itu udah cukup bikin gue tersentuh, karena udah terbilang jarang banget gue menenukan anak kekinian jaman sekarang yang rajin main di mesjib apalagi sampai jadi pengurusnya. Keren.

    Keliatan banget kalo adik lo bener-bener menjiwai saat mewarnai, buktiny orang sama backgroundnya jadi satu kesatuan. Warna biru

    BalasHapus
  12. upst saya typo di koment yang di atas. so sorry... sama maksudnya salam

    iya... titip salam yah buat adeknya yang tjantiiikkkk... salamku buat Nada... *willy... ingat yah harus disampaein... sy tunggu slm baliknya:-D

    BalasHapus
  13. wah, seru yah...btw gue belum pernah deh waktu kecil ikutan lomba-lombakayak gituan, padahal sekarang gini kok malah pengen ikut yah :v

    kayaknya gue udah lama nggak ke sini deh :D

    BalasHapus
  14. aku tadi sempet kaget, soalnya aku anak IRMA AN NUR juga. ternyata banyak masjid agung an nur ya di mana-mana.. hehehe

    itu desain sederhana aja udah bagus gitu. gimana yang bagus beneran??

    BalasHapus
  15. willy, btw yang pertama turut berbelasungkawa aja atas kepergian nenekmu :3
    yang kedua , itu lomba nya cuma menggambar dan mewarna ?
    kalo bisa lomba shalatnya juga ditambah dokumentasinya, tapi lihat pas ada ank2 mewarnai posisinya pada pewe semua, kayakna enak nih kalo lang sung tidur :v

    aku salut , dia lomba tadjid menang, berarti itujalannya dia bro jadi seorang yang ber guna di dunia dan akhirat

    BalasHapus
  16. Cielah kamu eksis juga ya kamu Wil, aktif di banyak kegiatan islam. Keren! Jarang loh sekarang cowok yang mau aktif di kegiatan islami gitu. Semoga ada cewek hilaf yang salut sama kamu wkwk

    Bener tuh, masa nggak tau sejarah Isra Mi'raj. Jangan-jangan sholat juga cuma asal-asalan. Aduh, jangan sampe deh. Etapi kok kamu nggak ceritain sejarah sholat yang awalnya 50 rakaat sih?

    Waaahh hasil warna gambar adek kamu abstrak ya hahah. Sama kayak muka kakaknya yang lebih abstrak-_-

    BalasHapus
  17. Kenapa lomba makan kerupuknya gak direalisasikan? Ya walopun gak nyambung sebenernya bisa disambung-sambungin. Misal, makan kerupuk sambil baca al-qur'an. Hehe bercanda.

    BalasHapus
  18. iyaaaa bener, sering ikutan isra mi'raj jadi sering denger cerita kalau Baginda itu turun naik buat dapatin jumlah rakaat gitu. awalnya 50 jadi 5.
    Isra Mi'raj emang hari besar dan bersejarah banget, Nabi Muhammad saw juga masuk ke dalam 100 orang paling berpengaruh didunia.


    Yakali aja di menangin, sebelumnya udah di ancam dari rumah :v
    wkwkwkwkwk
    itu apaan pake dibilang bukan karnivora :|
    tapi gapapa sih dari pada dibilang 'bukan adik gue"
    :\

    seminar, wahahahah iya. kali aja udah berebutan tapi kali aja nggak sampai pendarahan sih,
    paling sedikit keram di kepala :|

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...