Orang Khilaf

Sabtu, 27 April 2013

Catatan Gemilang Sumatera Selatan di Era Alex Noerdin


Seiring bergulirnya waktu, bertambahnya usia,  biasanya  hal tersebut menjadi alasan bagi sesuatu atau seseorang untuk sulit berkembang, tapi tidak dengan kotaku, kota Palembang yang tercinta ini. Diusianya yang sudah ke 1329 tahun, kota Palembang selaku ibukota provinsi Sumatera Selatan,  kini makin berkiprah di kancah jajaran Provinsi Termaju se-Indonesia. 

“Tua-tua keladi, makin tua makin jadi”.  Mungkin, apabila peribahasa diatas di konotasikan kearah yang lebih positif, seperti “Makin tua semakin maju”, pastilah peribahasa itu sangat mencerminkan kondisi  kemajuan pesat kota Palembang saat ini.  Kota yang dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia, bahkan kota tertua di dunia ini, semakin menunjukan penigkatan –peningkatan  yang semakin gemilang dari waktu ke waktu. Peningkatan pembangunan  ini mencakup segala bidang, mulai dari pembangunan dibidang Pendidikan, Infrastruktur, Prasarana Umum, Transportasi,  Keamanan, hingga pembangunan dibidang Kesehatan.  Segala upaya ini dilakukan oleh pemerintah guna untuk Menuju Sumsel YangSemakin Gemilang.

 |Sumber : Dokumen Pribadi |

Memang, keberhasilan ini membuat Sumsel yang sebelumnya peringkat 18 provinsi terbaik se-Indonesia, kini menjadi  peringkat 9 dari 33 provinsi terbaik se-Indonesia. Hal ini tak lain karena berkat kepemimpinan Bapak Alex Noerdin yang menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan sejak tahun 2009 lalu itu. 

Keberhasilan pembangunan di Sumatera Selatan ini dapat dinikmati oleh seluruh warga Sumatera selatan disegala bidang kehidupan. Dimulai dari bidang Transportasi, nampaknya Bapak Alex Noerdin memang mengerti akan keluhan dari masyarakat mengenai penciptaan transportasi baru,  dan ternyata TRANS MUSI adalah pemecahan masalah tersebut. Trans Musi ini sangat membantu perjalanan bagi warga kota Palembang. Disertai dengan pelayanan yang ramah, fasilitas yang nyaman, dan tentu tarif yang terjangkau.  Apalagi dengan rute Trans Musi ini yang tidak hanya sekeliling kota Palembang saja, akan tetapi Trans Musi sudah menyediakan rute Palembang-Indralaya dan sebaliknya.  Hal inilah yang sangat membantu mahasiswa-mahasiswi  Palembang untuk pergi ke kampus Universitas Sriwijaya Indralaya. 


 *TRANS MUSI*
sumber


Selain dari Trans Musi diatas, masih ada opsi transportasi  darat lainnya yang tidak kalah keren, yaitu RAIL BUS dan Angkutan Kota Bahan Bakar Gas. Railbus sendiri merupakan sarana transportasi kombinasi dari konstruksi bus ringan dan kereta api, sehingga sangat efektif digunakan untuk menghindari jalan yang macet. Rail Bus ini adalah Rail Bus pertama di Indonesia yang murni hasil karya cipta putra-putri Indonesia. Sementara itu, ada juga Angkot BBG yang sangat ramah lingkungan karena tidak terlalu menghasilkan karbon monoksida karena bahan bakarnya yang bersumber dari Gas. 


|kiri : Angkot BBG|        sumber      |kanan : Rail Bus|


Tidak hanya di sektor transportasi darat, sektor laut dan udara pun mengalami pengembangan. Disektor laut terdapat kapal ‘ferry’ , perahu jukung, maupun perahu ketek (perahu bermesin) yang dapat dengan mudah diakses. Sementara itu,  di sektor udara juga tak mau ketinggalan, yakni tersedianya Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) yang telah berlabel bandara Internasional. 

                                          | Kapal Ferry : Sumber |     | Bandara SMB 2 : Sumber |
 
Selain beberapa transportasi diatas, untuk mengurangi kemacetan di kota Palembang, Bapak Alex Noerdin juga telah berhasil melanjutkan  pembangunan yang semula dirintis oleh gubernur yang lama, dan kini proyek tersebut terselesaikan di era kepimpinannya sekarang. Pembangunan tersebut ialah Fly Over. 

                                |Fly Over Suasana siang|     sumber    |Fly Over Suasana Malam|

 
Pembangunan Fly Over ini sangat berdampak postif bagi warga kota Palembang. Manfaat terbesarnya itu adalah membuat akses lalu lintas yang biasanya selalu macet itu kini cukup terkurangi intensitas kemacetannya. Hal inilah yang membuat para pengguna jalan menjadi nyaman karena lalu lintas menjadi lebih terkontrol dengan baik. Tentunya, beberapa bentuk perubahan di bidang transportasi ini, baru sebagian kecil dari catatan gemilang Bapak Alex Noerdin selama menjabat menjadi Gubernur Sumatera Selatan. 
Sementara itu, pembaruan dibidang pendidikan dan kesehatan pun tak mau kalah.  Berbekal  janji kampanye Gubernur Bapak Alex Noerdin mengenai  sekolah dan berobat gratis, ternyata janji tersebut benar-benar terealisasikan oleh beliau. Terhitung sejak Maret 2009, seluruh sekolah di Sumsel pun digratiskan, baik negeri maupun swasta.  Dengan adanya program ini, masyarakat yang tergolong kurang mampu pun sangat terbantu untuk turut mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga angka pengangguran dan kemiskinan pun dapat terus ditekan.

 

Sejalan dengan sekolah gratis, berobat gratis pun turut direalisasikan. Nampaknya, hal ini memang terobosan yang sangat jitu dari Bapak Alex Noerdin untuk mereka yang kurang mampu mengenai biaya pengobatan. Selanjutnya program nyata dari berobat gratis ini adalah Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Mata, dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang saat ini termodern dan tercanggih di Indonesia, dan tentunya tetap gratis untuk rakyat.





                           | kiri : RS Siloam : Sumber |    | kanan | RS Mata : Sumber |

 
           Tokoh peraih rekor MURI untuk kategori janji kampanye tercepat ini memang menjadi pelopor bagi program sekolah dan berobat gratis di Indonesia. Kebijakan beliau mengenai program sekolah dan berobat gratis memang bagai angin surga yang membawa berkah tersendiri bagi masyarakat yang kurang mampu. Dan berikut adalah saksi atas keberhasilan dari program sekolah dan berobat gratis oleh Bapak Alex Noerdin.



Dan yang terakhir, fakta kesuksesan dari catatan gemilang Bapak Alex Noerdin adalah pencapaian Sumatera Selatan (Palembang) sebagai tuan rumah Sea Games yang ke-26 tahun 2011 lalu itu.  Bapak Alex Noerdin berhasil menyulap lahan selebar 325 hektar yang semula rawa-rawa itu menjadi Jakabaring Sport City (JSC) yang bertaraf Internasional dan terdiri dari 22 venue. Beliau sukses menjawab cibiran orang yang pesimis akan pembangunan tidak akan mulus. Faktanya, beliau berhasil membuktikan, Jakabaring megah hanya dalam waktu 11 bulan. Atas keberhasilannya itu, Beliau meraih penghargaan “The Best Regional Leader Of The Year 2011 yang dianugerahkan sebuah perusahaan marketing “Markplus Inc.”






*Logo Sea Games ke 26*



*Jakabaring Sport City dari atas Udara*



Walaupun pembangunan infrastruktur dikota Palembang semakin meningkat, pemerintah tetap mengimbanginya dengan dibukanya kawasan hijau ditengah kota, seperti Kambang Iwak Family Park (KIF Park), Ruang terbuka hijau di Jakabaring, Taman Kota Simpang Polda, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Kota Palembang banyak meraih prestasi, mulai dari tingkat nasional seperti kota Terbersih tahun 2007-2009, sampai tingkat internasional seperti Enviromental Sustainable City of Asean (Kota terbersih berwawasan lingkungan) tahun 2008, dan Clean Air Initiatives (CIA), Representative City (kota), Partnership Council (walikota) yang diraih pada tahun 2009 di tingkat Asean. Sehingga ini membuktikan bahwa Palembang adalah kota Hijau, sesuai dengan motonya sendiri yaitu BARI, Bersih Aman Rapi indah.



 
| Kawasan Hijau Kota Palembang |

 Nampaknya Sea Games memang menjadi magnet tersendiri yang berakibat pesatnya pertumbuhan Kota Palembang disegala bidang. Salah satunya dibidang ekonomi, yaitu investasi yang semakin pesat sehingga berakibat  munculnya kawasan pusat kuliner, tumbuhnya perhotelan, semakin baiknya infrastruktur kota, tumbuhnya bisnis pasar modern serta Palembang menjadi langganan tuan rumah perhelatan event nasional dan Internasional.


 | Opening Sea Games : Sumber |



 | Closing Sea Games : Sumber |

Keberhasilan pembangunan di Sumatera Selatan ini tentu hasil dari kerjasama semua pihak, dan tentunya berkat Sumsel dikepalai oleh Bapak Alex Noerdin. Semoga harapan kedepannya pembangunan yang kian gemilang ini terus tersebar secara merata ke pelosok Sumatera Selatan sehingga tidak ada kecemburuan sosial antara daerah yang satu dengan yang lain. Semoga semua program kerja Bapak Alex Noerdin dapat terealisasi kembali dengan baik di lima tahun mendatang, demi Menuju SumateraSelatan Yang Semakin Gemilang.  

16 komentar:

  1. salut buat pak alex nurdin...
    Sekolah dan berobat gratis mampu diwujudkannya...
    Ditempatku dlu jg katanya sekolah gratis...iya sih,sppnya gratis...tapi jadi lebih bnyk iyuran2...sama aja gak gratis kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya applause deh buat beliau ,


      haha, yasama aja sih jadi, emang daerah mana mbak, kalo boleh tau ?

      Hapus
  2. mungkin pak ALex Nurdin ini sama seperti pak Jokowi..
    selalu rendah hati dan memegang amanah dengan baik,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitulah mbak, semoga tetep amanah deh mereka2 itu,,

      Hapus
  3. Wow keren keren. banyak banget hal yang sudah beliau lakukan.
    Semoga tetap istiqomah ya Bapak!!!! Semoga NTB bisa maju seperti itu juga dengan gubernur baru yang akan dipilih Mei nanti.

    Btw, gambar ikhwan galaunya unyu banget. naksir nih, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, doa aja smoga pemimpinnya pada amanah semua.

      hah ciyus mbak gambarnya unyu, jadi malu nih *guling-guling diaspal*

      Hapus
  4. wah,,saya baru tau kalau sumsel sebegitu luar biasa
    jadi pengen neliti sumsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah kapan2 mampir gih kesini, hahah

      Hapus
  5. Serius, baru bener bener tau palembang dari postingan ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah ?? sirus ?? mampir gih ke palembang. hahah

      Hapus
  6. moga aja makin banyak pemimpin yang bisa melihat bukan hanya plus yang udah dihasilkannnya, moga selalu dibarengi dengan mawas diri biar enggak cuma melihat dari sisi kegemilangannya aja.. tapi salut deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila,, bagus bener kata2 luh bang, adi gak yakin kalo itu dari mulut elo sendiri, haha

      Hapus
  7. wah ternyata di sana ada kapal ferry jg ya :)
    kirain cm di papua .__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya elaahh, si mbak nya telat gaul nih, masa cuma di papua aja, -,-"

      Hapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...