Orang Khilaf

Rabu, 21 Mei 2014

#Flashback: Tentang Ujian Nasional lagi



Assalamualaikum :)

Tadi pagi gue ngecek TL, gue liat tweet-tweet anak SMA yang baru mengalami kelulusan. Tweet-tweet mereka itu isinya random abis. Disatu sisi ada yang bangga karena berhasil lulus UN, dan disisi lain, ada juga yang sedih. Nggak, nggak. Sedih disini bukan karena gak lulus, tapi sedih karena ketika dia lulus SMA, pacarnya mutusin hubungannya karena mau lanjutin kuliah di Somalia. Kasian banget.

Nah, berhubung gue juga pernah mengalami masa-masa kelulusan, masa-masa kampretnya Ujian Nasional, maka gue pun mau nge-share tentang kisah-kisah kelulusan gue waktu SMA dulu. Meskipun gue tamat SMA-nya 5 taun, tapi nggak apa-apa. Sukses emang butuh usaha, yang penting lulus.

Dipostingan ini, gue cuma mau bernostalgia sama kisah-kisah gue waktu ngejalanin sadisnya ujian nasional dulu. Mengenai kelulusan, gue bahas next time yah :) Insya Allah

Tweet buat ‘adek-adek’ (ciee adek-adek) pas H-1 UN dulu



Gue inget-inget waktu gue Ujian Nasional dulu, gue stress banget ngeliat soalnya. Udah soalnya beda dari yang dipelajari, jatah paketnya pun beda-beda semua. Gak ada yang sama satu kelas. Mau nanya sama siapa gue ? Yakali gue nanya sama foto Pak SBY, yang ada entar beliau malah ngomong, “Nyontek itu tidak boleh, nak. Tapi kalo kepepet, tidak apa-apa. Lanjutkan..”

Oke, itu cuma imajinasi liar gue. Kenyataannya malah bener-bener na’as. Waktu itu, gue inget banget, gue dapet kiriman kunci jawaban dari temen yang sekolah di SMA lain, bukan dari sekolah gue sendiri. Kunci jawaban yang dikirim waktu itu kalo gak salah kunci jawaban pelajaran Matematika.

Saat itu gue seneng banget karena menurut gue, mata pelajaran yang di ujikan yang paling haram jaddah itu yah cuma Matematika. Yang lainnya sih, susah juga. Mungkin kalo di analogiin sama penjahat, pelajaran yang lainnya itu cuma preman biasa, sedangkan matematika itu gerbong mafianya. Bingung kan gue lagi ngomong apa ?? jangan heran, emang gitu.

Kembali ke UN matematika tadi, saat itu gue udah dapet kunci jawabannya. Sumpah, rasanya bahagia banget, kayak-kayak... kayak elo mau ujian, eh nggak taunya elo dapet kunci jawabannya dari temen (gue emang nggak pinter dalam per-andai-an). Hal itu bener-bener kayak berasa dunia milik kita berdua (apa lagi ini ?).

Biar kalian percaya, ini gue twitpic-in ke blog kunci jawaban yang dapet dari temen gue yang beda sekolah itu:
 

ini..... obat penangkal strees.
 

Biar gue jelasin, yang tulisannya paling kiri yang SA23, SA24, dan seterusnya, itu adalah kode soalnya. Sedangkan tulisan-tulisan selanjutnya itu, itu adalah nomer hape mantan. Oke gue bercanda, itu adalah jawaban-jawabannya. Tapi, kalian pikir ini semua udah selesai ?? belum, sodara-sodara.

Masalah dimulai disini. Apakah kalian ngeliat kejanggalqn dilembar kunci jawaban itu ? iya, bener banget, kode soal SA43-nya nggak ada. Dan kalian tau kampretnya dimana ?? ITU KODE SOAL GUEEE....

Jadi gini, karena berhubung nama gue itu Willi Anugrah, jadi absen gue nomer 2 dari belakang, sebelum nama temen gue: Zuriska Agustin. It’s so kampret, bro ! Disaat temen-temen lo yang lain khusyuk ngerjain soal + tinggal nyalin jawaban, gue yang duduk disudut belakang cuma bisa merenung: “Apa salah gue ?”, “Kenapa bisa begini ?”, “Kapan NabilahJKT48 jadi pacar gue ?”. Yang terakhir tolong diabaikan. Dan saat itu juga, gue pengen banget teriak, “Cabut nyawa Baim Ya Allah..”

Alhasil gue coba bangkit, gue mencoba untuk mikir positif. “Mungkin Allah nggak ngizinin gue utuk berbuat curang, Allah percaya sama kemampuan gue..”. Itu yang ada dipikiran gue. Gue juga nggak terlalu berharap sama kunci jawaban itu, toh gue juga sebelumnya udah nyiapin persiapan, kayak: nyatet rumus di paha, nyimpen catetan dilaci, gitu-gitulah. Oke-oke gue becanda lagi, intinya gue udah belajar semaleman.

Selain belajar, gue juga udah nyiapin persiapin mental dan ruhiyah yang cukup. Pas hari UN pertama waktu itu, gue bangun disepertiga malam buat ngepet sholat, disaat yang lain tetidur lelap. Gue saat itu juga sering banget ngelanjutin hapalan-hapalan Surah Al-qura’an gue + waktu itu juga gue sering banget puasa senin-kamis. Karena apa ? karena motto gue waktu itu (dan sampe sekarang) cuma satu: QS. Muhammad ayat 7.

Bagi kalian yang sholat dimasjid cuma pas mau nyari sendal baru doang, pasti nggak tau arti dari ayat itu apa. Sini gue artiin... *buka google* *ketik QS. Muhammad ayat 7*

Jadi artinya itu...
“Hai orang-orang yang beriman. Barangsiapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.


Itulah arti dari QS Muhammad ayat 7. Sepotong ayat yang sangat memberikan manfaat bagi hidup gue. Sepotong ayat yang bila benar-benar diamalkan, akan memberikan hasil yang luar biasa. Bisa kalian bayangin, sepotong ayat yang ada di Al-Quran aja udah bisa ngasih manfaat banyak banget, apalagi kalo kita mengamalkan seluruh ayat yang ada di Al-Quran ? itu subhanallah sekali efeknya bagi hidup kita. Ehm, kenapa tulisan gue jadi kayak ustad-ustad gini ?

Mencoba mengabaikan kunci jawaban, gue pun mulai mengerjakan soal Ujian Nasional Matematika itu dengan jujur, khusyuk, dan tentunya..........sambil nangis.

Selanjutnya yang gue masih inget, gue juga dapet kiriman kunci jawaban yang (masih) dari temen beda sekolah, tapi kali ini pelajaran Biologi. Ini gambarnya..


Obat penangkal stress pas UN lainnya.

Pas dapet kunci jawaban itu, temen-temen gue pada ikutan nyatet jawabannya. Ada yang nyatet di paha, dikertas, bahkan dimeja. Mereka memang pada kreatif-kreatif. Karena gue orangnya pinter, jujur, dan kerja nyata. Bentar-bentar, ini kenapa jadi slogan partai -_-“

Gue pun nggak ikut-ikutan nyatet kunci jawaban itu dikertas, gue cuma sempet-sempetin buat ngefoto kejadian temen-temen gue yang begitu nafsu nyatet kunci jawaban ini. Haha

 
Ada yang ngefoto..

 
ada yang nyatet. Bebassssss...
 


FYI: Sekolah gue nggak pernah ngasih kunci jawaban sedikitpun, sekolah gue jujur. Itu kunci jawaban yang kita dapet, kita dikasih bahkan beli dari sekolah lain. Sueeeeer...



Wassalam


Zayn Malik
 @willy_wili





19 komentar:

  1. Walaupun lulus nya sudah 5 tahun yang lalu kan nggak papa lah ka yang penting lulus dan bangga juga kan .

    hehehe enak banget tu waktu buat contekannya yah ada yang nyatet dan ngefoto wew .
    tapi jujur nih gue masih belum ngerti tentang kode kode kunci jawaban yang di atas ka bingung belum ngarti gue . :D ( maklum lah orang belum ngalamin ujian SMA sederajat )

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa elo nggak ngerti, joke gue gagal -_-

      Hapus
  2. hahahaha, sial banget lo wil bisa ga dapet kunci jawaban sendiri
    mungkin waktu itu ada yang salah sama apa yang lo makan :D

    tapi ya biarlah, toh itu masa lalu yang biar berlalu *aseeeek

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh itu gerbong mafia apa gembong mafia maksudnya ya?

      Hapus
    2. entah apa hbunganya yg gue makan sama kunci jawaban -_-

      emm, iya bang teserah lo aja, gue gak ngerti. haha

      Hapus
  3. wanjerr.. loe gak dapet sendiri gitu ya -_- bener sih. mungkin Alloh gak ngijinin kamu buat nyontek. selain dosa kita juga gak akan puas ama hasilnya.. hehe semoga gurumu gak ngeliat postingmu ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo guru gue liat jg gak papa, kan gue udah lulus. wwkwwk

      Hapus
  4. Eh, itu tandanya Allah sayang Willy, Enggak boleh nyontek (apa terpaksa enggak nyonetk:p)

    Masalah jawaban sih, yang penting belajar, shalat, doa, [uasa, shadaqah, de el el. Nah, sudah dilakukan, terakhirnya minta restu orang tua lah biar UN nya sukses.

    Pesan: Nyontek itu enggak baik. Tapi kalau jawabannya yang diconetkkin? Entahlah *malah curhat^__^V

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, gue diceramahin kayaknya nih *manggut manggut*

      Hapus
  5. Hahahaaha iyanih banyak yang lagi posting kelulusan.

    Pertama, turut berduka cita atas ketiadaanya kode SA423. Aku ngerti kok perasaanmu, disaat semua teman dimudahkan ... kamu malah berjuang sendiri. Tapi gapapa ! Itu jauh lebih keren dan ... ngenes.
    Kedua, nyontek itu enggak baik sama sekali, kecuali dalam keadaan terpaksa jadi ... lanjutkan hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, komentar lo ngebikin gue jadi tambah.....miris -,-

      Hapus
  6. itu tweetnya antara memberikan semangat dan menambah percaya diri apa membuat down peserta ujian?
    tapi bener juga paket c masih bisa ngebantu.

    kadang saya geli lihat anak-anak yang do'a sebelum ujian nasional berlangsung. tapi setelah lulus malah bikin onar.

    nyatet contekan di paha bisa berhasil kalau pahanya putih, jadi tulisannya kelihatan karena tinta bisanya kan berwarna hitam. bayangin aja kalau pahanya juga hitam kayak paha kamu. pasti contekannya enggak kelihatan *emang pernah lihat paha kamu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, ujung2 nya elo ngina gue. Nggak papa, gue udah biasa diigituin -,-

      Hapus
  7. Yg missing code itu kampred bener yaaak, udah seneng-seneng tapi kagak ada kuncinya wkwk. Iya, mungkin emang lo diperintahkan untuk jujur. Dan emang, hasil yang diperoleh dari kejujuran itu terasa puas banget. Gue baru pengumuman un nih bro dan alhamdulillah jujur dan sekolah gue lulus 100% :))

    BalasHapus
  8. Wah berdasarkan pemaparan lo diatas gue yakin. lu sekolah 5 taun itu karena lo bener-bener jenius dan kecerdasan lo melampaui kecerdasan rata-rata lumba-lumba kutub utara. amazing !

    BalasHapus
  9. Ternyata dari dulu ampek sekarang tetep sama nggak berubah... Masih ada calo-calo kunci jawaban... Tapi untung itu kode SA423 kagak ada ya... Jadi kamu bisa terbebas dari lembah kegelapan ujian nasional... Selamat...

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah Willy bisa jujur yaAllah. Tolong luluskan Willy yaAllah...

    Emang bener sih, dari sekolah nggak ada, tetep aja ada dari sekolah lain. Pokoknya kunci jawaban itu selalu ada di mana-mana. Bertebaran nggak bebas. Tapi yang penting sih usaha dan doa. Percuma juga punya kunci kalo nggak berdoa khusuk. Yang bikin lulus kan bukan pemerintah, bukan sekolah. Tapi takdir Allah. Asikk~

    Eh baca isinya di tengah itu kamu kok kayak... Blogger syariah ya? Hahaha bagus bagus

    BalasHapus
  11. ebuseeeettt kayak gini di postingan kagak takut kalo nanti ada menterippendidikan lagi sweeping??? hehehe...ah, ternyata jaman sekarang makin asoyyy yak cara cheatingnya..gue kasih tau aja tapi jangan kasih tau sapa sapa yak, gue dulu juga sempet gue tulis jawab di paha gue, khan ada 2 versi tuh..nahhh pas nomor 1 gue tau jawabannya tapi kok beda sama yang di paha, nomor 2 jga beda,,, laaahhh ternyata yang gue tulis yang versi syalaaaah...yang bener di paha temen gueee, terus gue kdu piyeeeeeee T.T

    BalasHapus
  12. Why viewers still make use of to read news papers when in this technological globe all is accessible on net?



    my website: lawyers az

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~

Anda Mungkin Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...