#CURHAT

31



Assalamualaikum

Beberapa bulan belakangan ini, gue jarang banget ngepost di blog, jangankan ngepost, sekedar nengokin aja gue jarang. Mungkin kalo diibaratin blog ini pacar gue, bisa dipastikan doi bakal minta putus, terus doi nyewa pembunuh bayaran. Bukan, bukan buat ngebunuh gue, tapi buat ngepaksa gue buat ngebayar utang pulsa gue ke doi selama ini.

Oke, lupakan intermezo gak jelasnya.

Ehem, kali ini gue mau curhat dikit. Sekarang alhamdulilah gue udah menjalani semester kedua di jurusan Sistem Informasi Universitas Sriwijaya. Itu artinya, masa gue buat digodain sama kakak-kakak tingkat akan segera berakhir, karena di kampus gue telah ada peraturan bahwa batas mahasiswa baru untuk digodain kakak-kakak tingkatnya hanya sampai semester dua. Entah peraturan itu darimana datangnya, gue dan Haji Muhidin pun sama-sama gak tau.

Iya, soalnya kalau kita udah lewat semester dua, yang bakal ngegodain kita bukan kakak-kakak tingkat lagi, tapi yang bakal ngegodain kita adalah ini: 



yup, Dosen Pembimbing

Disemester dua ini juga gue telah sukses mendapat gelar “IPA MURTAD”. Iya, pasalnya waktu SMA gue jurusan IPA, tapi pas diperkuliahan, malah belajar pelajaran IPS. Contohnya aja pas semester satu kemaren, ada pelajaran “Teori Organisasi Umum”. Belum lagi pas gue liat di KRS Online, ternyata disemester atas nanti bakal ada mata kuliah IPS, kayak: Akuntansi Dasar, Pengantar Ekonomi, E-Bisnis, Manajemen Hubungan Pelanggan, Aplikom Akuntansi, dan masih banyak lagi. Dan perlu kalian ketahui, semua mata kuliah IPS itu 3 bahkan 4 SKS semua. Kurang kampret apa coba ??

Emang bener sih kata orang-orang, jurusan Sistem Informasi itu untuk Programmer IPS. Sedangkan Teknik Informatika itu untuk Programmer IPA. Disitu terbukti kalo gue salah pilih jurusan. Tapi nggak apa-apa, masih mending salah pilih jurusan, daripada salah pilih gebetan. Iya, kalimat barusan kalo ada yang mau sih sebenernya.

Yang menarik dari semester dua ini, kita yang pada semester pertama ngambil kelas SI-C, disemester 2 juga (masih) janjian buat ngambil SI-C. Jadi disemester 2 ini warga kelasnya masih wajah lama semua. Tapi ada juga beberapa temen gue yang menghilang dari peradaban. Seinget gue, kelas gue dulu itu jumlahnya 27 siswa. Tapi pas masuk semester 2, jumlahnya menjadi 23. Ada si Prabowo (temen akrab gue) yang Drop Out, si Ony, Dia, dan Syifa yang pindah ke kampus, dan si Novan yang Stop Out karena mau tes Angkatan Udara di Jakarta.

Tapi tetap menjadi daya tarik kelas SI-2C ini, jadwal kuliahnya cuma 3 hari dalam seminggu, IYA, CUMA 3 HARI, yaitu: Selasa, Rabu, Kamis, selain itu sisanya libur. Kurang keren apa coba ?. Malah belakangan ini gue jadi mikir, ini kuliah apa les ? masa’ cuma 3 hari ?.

Namun masa kuliah 3 hari nggak ngaruh ke gue dan temen-temen. Soalnya kita yang IPK-nya diatas 3 koma dan mau ngambil mata kuliah semester atas, jadwal kuliah kita nambah satu hari, yaitu jumat, karena jadwal mata kuliah semester atas tersebut adalah hari jumat, bareng kakak tingkat. Dan saat berada dikelas itu, gue merasa mahasiswa paling unyu.


Am I ?

***

Selain hal diatas, perihal lain yang pengin gue curhatin adalah masalah UKT (Uang Kuliah Tunggal) dikampus gue. Fenomena UKT ini sebenernya masih tahap percobaan, tapi sayangnya, mahasiswa angkatan gue yang malah jadi kelinci percobaannya.



FYI:  UKT itu jenisnya kayak uang SPP waktu SD, cuma dibayarnya satu semester sekali. Dan jumlahnya pun disesuaikan dengan gaji orangtua masing-masing, jadi UKT antar mahasiswa berbeda-beda.

Banyak temen-temen yang sebenernya keberatan dengan kebijakan ini. Tapi apa mau dikata lagi ? Semua itu sudah ditetapkan oleh kampus, jadi mau tidak mau harus dituruti. Disatu sisi, temen gue banyak yang merana karena UKT yang ditetapkan tidak sesuai dengan ekonomi keluarga mereka. Dan disisi lain, UKT ini juga banyak sekali yang tidak sesuai.

Maka karena untuk menyampaikan aspirasi para mahasiswa yang tertindas itulah, seluruh mahasiswa Universitas Sriwijaya sepakat untuk mengadakan demo untuk menuntut jalan keluar perihal UKT ini. Demonya sendiri berlangsung pada hari Rabu, 2 Februari 2014 di belakang gedung Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Universitas Sriwijaya.


seruan aksi

Berhubung gue adalah mahasiswa yang menerima beasiswa dari pemerintah (iya, gue jadi kuliah gratis, nggak bayar), gue pun nggak ikut-ikutan untuk aksi demo ini, karena ada seruan dari kampus bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa agar tidak mengikuti aksi, bagi yang tertangkap kamera mengikuti aksi penurunan UKT, maka akan dikenakan D.O

Untuk lebih jelas silakan liat video ini:






Oke, segini aja dulu curhatan gue. Takutnya kalo nanti kebanyakan, gue malah ngejelekin gue sendiri. Sampai jumpa di curhatan yang lebih berbobot selanjutnya.

31 komentar:

  1. ada apa dengan UKT , apakah ada adegan jual ginjal juga ? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya nen. sekalian kalo emang lagi butuh banget jual aja semua organ di tubuh. lalalala :3

      itu demonya beneran atau simulasi sih bang? hobbi deh kayaknya! :D

      Hapus
    2. Nenna : nggak ada jual ginjal, paling banter juga jual diri #eh

      lutfie: ITU ASLI WOOEY -_-"

      Hapus
  2. salah satu hal yang menarik di Indonesia, kalau saya melihatnya. sebagian lebih mentingin haknya yaitu uang. daripada kewajibannya untuk mencerdaskan anak bangsa. Jadi setiap tahun harga pendidikan naik kurang dibarengi dengan peningkatan kualitas suatu pendidikan. Jadi kalau dari dulu otak kiri yang di kuatkan terus, hingga hari ini mmasih banyak pendidikan yang fokus pada otak kiri. Padahal otak kanan penting dan salah satu kriteria menjadi orang sukses. Pokoknya Indonesia itu keren deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJU gue bang. Kaloo nggak gitu, bukan indonesia namanya ...

      Hapus
  3. itu rame rame di UB kemarin yah ._. wuidih
    untung kuliahku murah.. tapi nggak lulus2 *cuhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. UB ? universitas bangkotan ?? haha.
      itu di unsri bang..

      Hapus
  4. ga kebayang deh kuliah dengan sks sebanyak itu -_- tp bener loh kalo kaluiah sm kakak tingkat itu serasa paling unyu, tp sama adik tingkat jg gitu kok, soalnya anak jaman sekarang kan wajahnya boros -_- bukannya malah enak ya sistem kaya gitu?? kan sistem itu dari pemerinta *setauku sih* tapi yg jelas lbh murah kalian kok daripada kuliah saya diswasta -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, bener juga mbak, adik tingkat gue juga banyak yg wajahnya boros. mueehe

      iya, sistemnya enak kalo tepat sasaran, nah ini !? -,-

      Hapus
  5. wah salah ambil jurusan ya sob... susah emang udanh terlnjur keblinger :D

    BalasHapus
  6. wah jadi takut nih... soalnya d kampus gw juga bakalan ada peraturan baru masalah pembayaran kuliah... -_-
    yg sabar aja deh buat yg disana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh, tinggal tunggu tanggal mainnya aja tuh. haha

      Hapus
  7. kok sampai segitunya sih ya, hhmmm serem juga UKTnya, malah jadi kelinci percobaan lagi, hhmm yg sabar aja, usaha dan doa, semoga bisa terselesaikan masalah ini.
    btw ini jarang ngeblog kenapa? kena kutukan award? ho :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah gue kan beasiswa jadi nggak kena, tapi temen gue yang pada kena :(

      iya tuh, mungkin kena kutukan award BE ini -_-"

      Hapus
  8. gpp Wil, kuliah bareng kakak tingkat.. jangan merasa unyu atau bangga, ntar suatu saat kalo skripsi lo lama, adek kelas yang bakalan bilang itu ke elo. inget.

    keren juga mahasiswa UNSRI, berani demo buat masalah kayak gini. Mahasiswa luar Jawa emang mentalnya keren2..
    sayang elo gak ikut, dibiayain negara sih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, gue dingetin nih. Iya bang, iya ._.

      emang didaerah jawa pd gak berani bang ?? si gue training dulu. haha

      Hapus
  9. ahh, enak banget lu will kuliah nggak pake bayarr..itu cita cita aku bangettt hahaha..ahh tpi bukannya kuliah emang bayar per semester?? ato yg jadi maslaah karena nggak sama itu yah??? semoga bisa dapet jalan terbaik dah wil, amiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaah alhamdulilah mbak :)
      iya masalahnya karena nggak sesuai dengan endapatan orangtua..

      Hapus
  10. Iya uang kuliah sekarang mahal, untung gue angkatan........tua, jadi waktu itu masih gak terlalu berat bayar uang kuliahnya.
    Eh iya wil bener, lo jangan ikut demo. Wahh bahaya, apalagi yg di demo pihak kampus. Pfft.. Kalo lo demo pemerintah sih gak apa2. Asal jangan rusuh. Kalo rusuh beasiswa lo dicabut juga. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. paragraf pertama....CURHAT. hahaha

      bener tuh, bener

      Hapus
  11. Haiss, kasian banget jadi kelinci percobaan. Mudah-mudahan permasalahannya cepet selesai deh >o<

    BalasHapus
  12. Gara-gara UKT sampe separah itu kah? Di Jambi nggak ada deh. Malah sekedar bilang "Oo udah di ganti jadi UKT" gitu aja. Tapi gatau deh. Gue kelewat kudet. Cuma pernah juga ada liat status yang ngeluh masalah UKT, mahasiswi UNJA.

    Hebat ye elo kuliah dapet beasiswa. Dapet darimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, bearti elu yang kudet mbak. hehee

      dapet darimana ?? biasa mbak, NGEPET. haha

      Hapus
  13. yaiyalah, makannya jangan smpe salah jurusan:)

    BalasHapus
  14. iye kali

    ngepet itu dapet uang, bukan beasiswaaa -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iye yang jelas beasiswa dari pemerintah mbak ._.

      Hapus
    2. kan ada beberapa oknum perusahaan yang ngasih. Gitu maksud nyaaaaaa

      Hapus
  15. wah kok kita banyak samaan ya.. mulai dari sama sama semester dua, sama sama kuliah di unsri, sama sama kuliah pakek beasiswa... yah walaupun beda beasiswanya :D mungkin kita.. ??? hestek abaikan :p

    BalasHapus
  16. ah, iya kita banyak samanya nih.. jangan2 kita jo... *sebagian teks hilang*
    hahaha

    BalasHapus

Anak baik selalu ninggalin komentar tiap abis baca :')

Tapi teserah deh, ya.

Yang penting komyen ~